Sedikit Catatan Bunda di Dapur

Selasa, 03 Juni 2014

Rahasia di Balik Bumbu Bawang Putih

Rahasia di balik bawang putih, penambah kelezatan masakan - Informasi kali ini juga masih berhubungan dengan tips memasak khususnya Bumbu. Dan bumbu yang kita bahas adalah bumbu utama yaitu bawang putih. Tentunya kita tahu hampir semua masakan menggunakan bawang putih untuk menambah kelezatannya, dari sayuran sampai dengan sambal... tak terkecuali juga sambal goreng tempe.

Selain menambah kelezatan setiap masakan, bawang putih juga mengandung sejuta khasiat kesehatan. Dan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari bawang putih, silahkan dipelototin saja rahasia memasak dengan bumbu dapur yang satu ini, seperti yang dikutip dari merdeka.com ini

Rahasia di Balik Bumbu Bawang Putih

Rahasia Dibalik Bawang Putih


Gunakan selalu bawang putih segar
Setiap kali memasak, gunakan bawang putih segar, bukan yang dari botolan. Sebab kandungan allicin paling banyak hanya ditemukan dalam bawang putih segar.

Setelah diiris, biarkan beberapa menit
Mengiris bawang putih sama dengan membongkar sel dan memicu pengeluaran enzim yang bereaksi dengan oksigen. Proses tersebut membantu pembentukan allicin. Jadi biarkan irisan bawang putih selama 10-15 menit sebelum dimasukkan dalam masakan agar Anda mendapatkan khasiat maksimal dari rempah tersebut. (tips agar gorengan lebih harum)

Bawang putih lebih baik dicincang, ditumbuk, atau digeprek?
Semakin dihancurkan dinding selnya, semakin banyak enzim yang dikeluarkan oleh bawang putih. Jadi bawang putih sebaiknya digeprek, kemudian iris kecil-kecil untuk menggunakannya sebagai resep masakan.

Menghilangkan bau bawang putih
Meskipun bawang putih membuat masakan lebih sedap, seperti pada masakan sambal goreng tempe yang kami sebutkan diatas :) namun sisa baunya di tangan cukup mengganggu. Anda bisa menghilangkannya dengan campuran lemon, garam, dan baking soda. Sementara untuk bau mulut, minum saja susu atau kunyah daun peterseli setelah makan bawang putih.

Itulah rahasia di balik bawang putih, penambah kelezatan masakan. Selamat mempraktikkannya!

Rahasia di Balik Bumbu Bawang Putih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown