Sedikit Catatan Bunda di Dapur

Jumat, 27 Juni 2014

Sambal Bajak, Sambalnya Orang Indonesia

Sambal adalah saus biasanya terbuat dari berbagai cabai dan bahan-bahan sekunder seperti terasi, kecap ikan, bawang putih, jahe, bawang merah, daun bawang, gula, air jeruk nipis, dan cuka beras atau cuka lainnya. Berbagai resep sambal biasanya disajikan sebagai bumbu panas dan pedas untuk hidangan seperti ikan bakar (ikan bakar), ikan goreng (ikan goreng), ayam goreng (fried chicken), dan soto dan salah satunya adalah sambal bajak. Sambal adalah kata pinjaman asal Jawa (sambel).


Sambal Bajak, Sambalnya Orang Indonesia

Sambal Bajak, Sambalnya Orang Indonesia


Persiapan dan ketersediaan
Sambal tradisional baru dibuat menggunakan alat tradisional, seperti alu batu dan mortar. Sambal dapat disajikan segar dan mentah atau dimasak dan digoreng, tergantung pada masing-masing resep. Cabe, bawang putih, bawang merah dan tomat sering baru digiling menggunakan mortar, sedangkan terasi atau belacan (terasi) digoreng atau dibakar pertama untuk membunuh bau tajam serta untuk melepaskan aromanya. Beberapa rumah tangga dan restoran sering bersikeras membuat-serves sambal - hanya beberapa saat sebelum mengkonsumsi - dalam rangka untuk memastikan kesegaran dan rasa; ini dikenal sebagai dadak sambal. Namun, sebagian besar sambal yang disiapkan setiap hari dalam jumlah besar dan ditawarkan sebagai bumbu panas dan pedas.

Hari ini beberapa merek siap, prepacked, instan atau siap pakai sambal yang tersedia di warung, pasar tradisional, supermarket dan toko-toko. Kebanyakan botol sambal, dengan beberapa merek menawarkan plastik atau kemasan sachet aluminium. Dibandingkan dengan sambal tradisional, sambal instan kemasan sering memiliki tekstur lebih halus, isi homogen dan konsistensi gloppy, mirip dengan saus tomat. Hal ini karena proses yang menggunakan mesin ke tanah bahan. Sedangkan sambal tradisional buatan yang mempekerjakan ulekan biasanya memiliki tekstur kasar dan konsistensi.

Cek resep membuat sambal bajak

Sambal Bajak, Sambalnya Orang Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown