Sedikit Catatan Bunda di Dapur

Selasa, 27 Mei 2014

Cara Menghilangkan Rasa Pedas

Cerita Bunda - Cara menghilangkan rasa pedas, jadi ingat acara raja pedas dari salah satu stasiun televisi.. Sambal kecap ataupun makanan pedas lainnya tentunya bisa membuat perut terasa panas jika menyantapnya terlalu banyak apalagi kalau sampai kegigit cabenya. Padahal citarasa masakan pedas selalu bisa meningkatkan selera makan. Tak heran jika tradisi makan dibeberapa daerah Indonesia mengharuskan sambal tersaji di atas meja makan.

Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki aneka macam sambal, dari yang praktis seperti sambal kecap sampai dengan sambal yang perlu digoreng dahulu seperti sambal bajak. Dan pastinya semua makanan pedas dapat membuat perut terasa panas jika menyantapnya terlalu banyak. Nah, untuk mengatasi rasa panas di perut, Chef Ragil memberikan beberapa trik di bawah

Cara Menghilangkan Rasa Pedas

Cara Menghilangkan Rasa Pedas


Mentimun
Coba perhatikan, masakan bersambal biasanya disajikan dengan lalapan dan irisan mentimun. Bunda mungkin tidak tahu bahwa mentimun ini fungsinya membantu menghilangkan rasa pedas dan panas di mulut. "Mentimun mengandung banyak air dan kandungan lain yang bisa membantu menetralisir rasa panas dari cabai," ungkap Ragil.

Minuman hangat
Ketika mulut terasa pedas dan perut sudah mulai panas, secara otomatis Bunda pasti mencari air minum. Mungkin Bunda beranggapan bahwa air es bisa dengan cepat menetralisir rasa pedas dan panas. Namun anggapan ini ternyata salah. "Jika kepedasan, sebaiknya buru-buru minum minuman yang hangat. Mungkin awalnya akan terasa kurang nyaman di mulut. Akan tetapi air hangat ini bisa lebih cepat mengurangi rasa pedas," katanya.

Minuman berlemak
Selain minuman hangat, minuman yang mengandung lemak seperti susu hangat juga bisa mengurangi rasa panas di perut. Hal ini disebabkan minuman berlemak mengandung kasein yang memiliki kemampuan menyerap dan menggumpalkan kapsaisin (zat yang menyebabkan rasa pedas dalam cabai)

Nah itu tadi cara menghilangkan rasa pedas ala Chef Ragil yang mungkin bisa dicoba. oh iya.. jangan lupa cek postingan yang lain : Tips Cara Membuat Kue Kering Yang Renyah

Cara Menghilangkan Rasa Pedas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown