Sedikit Catatan Bunda di Dapur

Minggu, 11 Mei 2014

Tips Membersih Parutan Bekas Memarut Bumbu

Tips membersihkan Parutan - Saat mempraktekkan atau mencoba sebuah resep, tentunya bunda harus menyiapkan aneka bumbu rempah yang harus sudah diparut terlebih dahulu. Misalnya, jahe parut, lengkuas parut dan lain-lainnya. Tidak susah memang untuk menyediakan bumbu sesuai resep yang tersaji, bunda hanya harus memarut rempah tersebut dengan menggunakan sebuah parutan bumbu, parutan keju, ataupun juga mesin penggiling.

Membersihkan parutan setelah kita menggunakannya memang gampang2 susah, rempah-rempah tersebut akan meninggalkan sisa serat di bagian dalam parutannya. Selain itu juga, parutan rempah ini akan meninggalkan aroma yang cukup kuat dari bumbu yang telah diparut. Mencuci dan menggosok parutan dengan sabun cuci ternyata masih menyisakan masalah ini, malah susah juga untuk mengerjakannya. Nah triknya, Bunda bisa membersihkannya dengan menggunakan nasi yang sudah dikeringkan. Setelah memarut jahe atau lengkuas, parut saja (dengan parutan yang sama) satu sendok nasi yang sudah dikeringkan sampai berpasir.

Tips Membersihkan Parutan


Partikel-partikel abrasif dari nasi kering akan membantu mengikat sisa parutan yang terjebak di lubang pemarut sehingga lebih mudah dibersihkan dan membantu menghilangkan aroma yang ditinggalkan. Setelah itu, cuci parutan seperti biasa.

Cara diatas memang aga sedikit ribet karena harus mengeringkan nasi terlebh dahulu. Walaupun demikian itu hanyalaha salah satu tips membersihkan parutan bekas memarut bumbu dapur. Cara lain bisa dengan bantuan sikat gigi :) - Tips membersihkan parutan

Tips Membersih Parutan Bekas Memarut Bumbu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: om dody