Sedikit Catatan Bunda di Dapur

Jumat, 13 Juni 2014

Cara Membersihkan Seafood Terbaik

Ikan bakar bumbu kuning - Mengolah seafood sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang lebih sulit sebenarnya adalah proses pemilihan hidangan laut yang segar dan cara membersihkannya agar terasa enak saat disantap.

"Ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika membersihkan seafood. Kalau tidak benar-benar bersih, pasti akan memengaruhi rasanya," kata Chef Winni Giwangkara saat peluncuran kelas memasak online, Sealicious di Jakarta, Rabu (4/3/2014) lalu.







Ikan bakar bumbu kuning - Winni mengatakan, cara membersihkan seafood ini berbeda-beda untuk tiap jenisnya. Misalnya udang yang harus disayat bagian punggungnya untuk mengeluarkan benang kotorannya, atau ikan yang harus dikeluarkan isi perut dan dihilangkan sisiknya.

"Namun satu kesamaannya, yang pasti jangan pernah mencuci seafood dengan cara direndam. Tapi sebaiknya dicuci dengan air yang mengalir," sarannya.

Proses perendaman akan menyebabkan penurunan kualitas seafood. "Semua jenis seafood air laut kalau terkena air tawar maka kualitasnya akan berkurang, jadi kalau dimakan rasanya kurang enak dan terasa kesat di lidah. Selain itu seafood juga jadi cepat busuk," jelasnya.

Cara Membersihkan Seafood Terbaik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown