Sedikit Catatan Bunda di Dapur

Senin, 16 Juni 2014

Tips Membuat Nasi Goreng Seenak Resto

Nasi goreng – Walau terkesan gampang, namun tidak sedikit orang yang gagal masak nasi goreng. teksturnya lembek, rasanya kurang gurih dan aromanya kurang sedap. Berikut ada beberapa tips sederhana yang wajib dilakukan kalau mau nasi gorengnya seenak resto.

Nasi
Nasi sebagai bahan utama nasi goreng, dimana yang terbaik menggunakan nasi yang sudah dimasak sehari sebelumnya, dikarenakan nasi jadi lebih kering dan mudah dimasak. Atau taruh nasi dalam kulkas selama beberapa jam agar teksturnya lebih kenyal.

Penggunaan Wajan
Wajan lebar lebih mantap karena seluruh komposisi nasi goreng dapat teraduk sempurna

Tips Membuat Nasi Goreng Seenak Resto

Tips Membuat Nasi Goreng Seenak Resto


Api
Salah satu faktor nasi goreng buatan restoran lebih spesial adalah aromanya yang khas. Aroma ini dihasilkan dari suhu panas dari api. Suhu tinggi juga mencegah nasi menempel pada wajan dan membuat tekstur nasinya kering enak. Jadi pertama-tama gumnakan api kecil dahulu, setelah semua bumbu tercampur sempurna, baru api dibesarkan dan nasi terus diaduk dengan sangat cepat hingga hampir gosong (tapi bukan gosong). Tandanya sudah mulai keluar asap dan aroma dari bumbu semakin tajam. ini yang bikin nasi goreng resto enak dan bikin ketagihan, aroma nya beda kalo dimasak sama kompor rumah – kalo dirumah harus bisa mensiasati

Bumbu
Bumbu pertama yang di sangrai untuk nasi goreng adalah Bawang Putih cincang halus, sangrai sampai keluar aroma wanginya baru masukan sayur2an. Buat memacu rasa biar keluar aroma dari bumbu2 yg di sangrai, bisa ditambahkan bawang bombay.Untuk menambah aroma gurih bisa di tambahkan minyak wijen secukupnya.

Sedikit tips membuat nasi goreng seenak restoran, kalau masalah bumbu lengkapnya tergantung selera... (kaskus)

Tips Membuat Nasi Goreng Seenak Resto Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown