Sedikit Catatan Bunda di Dapur

Sabtu, 17 Mei 2014

Tips Menjernihkan Minyak Goreng Bekas

Cerita Bunda kali ini masih tidak jauh dengan topik dapur masak. Topik kali ini membahas tentang cara menjernihkan minyak goreng bekas pakai, bukan berarti yang udah bekas benar karena idealnya minyak itu bisa dipakai selama tiga kali saja. Jadi kalau menggunakan teknik ini minyak jadi bisa digunakan 6 kali.. lumayan bekas menggoreng kue bawang bisa digunakan lagi :)

Lagi kepepet ? Hmm... pas banget apalagi saat ini sedang berjualan kue bawang yang renyah dan tersohor itu :) Maklum saja saat ini ekonomi sedang tidak baik, jadi selama cara itu masih baik ya boleh saja digunakan seperti cara menghilangkan bekas gosong

Tips Menjernihkan Minyak Goreng Bekas

Tips Menjernihkan Minyak Goreng Bekas


Cara ini cukup aman asal digunakan sewajarnya. Secara umum 2-3 kali pemakaian, maka minyak sudah berwarna kecokelatan. Namun sayang juga sich kalau langsung dibuang. Pertanyaannya, bolehkah minyak goreng yang sudah coklat ini dipakai? Boleh saja , tetapi lebih baik dijernihkan terlebih dahulu. Caranya tidak sulit kok, lakukan langkah-langkah pada tips berikut ini:

  • Masukkan 2 kepal arang kayu yang sudah dihaluskan ke dalam 1 kilogram minyak jelantah
  • Biarkan sejenak, aduk sampai merata dan biarkan lagi selama 5 menit
  • Semua residu akan diserap oleh arang kayu dan minyak menjadi jernih kembali
  • Sebelum dipakai, saring minyak dengan menggunakan kain bersih
  • Nah, bagaimana hasilnya? Lebih jernih daripada semula bukan?
Nah .. Silahkan memakai minyak ini sekitar 2-3 kali lagi kemudian buang aja apabila warnanya sudah terlalu pekat. Semoga tips menjernihkan minyak goreng bekas ini dapat bermanfaat.

Tips Menjernihkan Minyak Goreng Bekas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: om dody